Menu Tutup

Cara Menggunakan Assessment Center Untuk Mengukur Kompetensi

Cara Menggunakan Assessment Center Untuk Mengukur Kompetensi

Penilaian orang berdasarkan pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam lingkungan kerja adalah salah satu kunci dalam menilai kompetensi seseorang. Penilaian kompetensi dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan agar perusahaan mengetahui perkembangan setiap karyawannya.

Penilaian kompetensi biasa dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi yang bekerja juga untuk perusahaan. Biasanya orang-orang ini menjabat sebagai manajer atau jabatan lebih tinggi dari karyawan tersebut. Saat ini, organisasi lebih dinamis dalam penilaian kompetensi karena setiap pekerjaan membutuhkan suatu ketrampilan dan pengetahuan tertentu tergantung pada jenis pekerjaan dan kompleksitas pekerjaan tersebut.

Penilaian kompetensi merupakan salah satu kunci dari perencanaan sukses karena memberikan cara kepada individu untuk mengembangkan nilai diri demi kesuksesan masa depan mereka. Seiring dengan perkembangan bisnis yang semakin maju, sumber daya manusia pun dituntut untuk memiliki kompetensi yang mumpuni sehingga mapu bersaing dengan perusahaan lain.

Untuk memiliki sumber daya manusia yang mampu bersaing, perusahaan tentu harus melakukan sejumlah usaha seperi rekrutmen karyawan yang ketat dan mengadakan penilaian kompetensi pada setiap karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Dalam hal ini, kepemimpinan organisasi memiliki peran penting karena mereka secara langsung mempengaruhi kinerja orang-orang atau karyawan dalam organisasi tersebut. Kerangka penilaian kompetensi adalah langkah awal untuk memulai pendekatan dengan manajemen sumber daya manusia dalam organisasi tersebut.

Perusahaan juga harus memiliki kerangka penilaian yang jelas berdasarkan gambaran yang komprehensif tentang peta ketrampilan organisasi, kebutuhan pembangunan, dan para calon pemimpin. Dari perspektif karyawan, mereka akan dapat memiliki pemahaman yang baik tentang perkembangan potensi karir karyawan dan menjadi lebih terlibat dalam organisasi.

Sedangkan jika membicarakan tentang assessment center maka ini merupakan sebuah proses dimana dalam membuat keputusan secara personil, peserta dilibatkan dalam berbagai latihan serta adanya evaluasi terhadap kinerja mereka yang dilakukan oleh beberapa penilai. Tujuan assessment center sendiri adalah untuk simulasi pekerjaan atau tugas agar yang bersangkutan mampu menunjukkan kemampuan dan karakteristiknya dalam bekerja sehingga apa yang ia lakukan menjadi lebih efektif. Dengan assessment center ini diharapkan akan mampu menciptakan pekerja yang bertanggungjawab atas kinerjanya serta memiliki kemampuan dalam mengembangkan dan menciptakan budaya transparansi.

Berbeda dengan assessment kompetensi, assessment center adalah pengembangan dan implementasi yang digunakan dalam organisasi kecil. Salah satu mtode yang digunakan untuk mengatasi masalah biaya dalam assessment center ini adalah dalam merekam inerja kandidat dan memiliki penilai untuk mengevaluasi mereka.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah misalnya dengan menggunakan tes penilaian yang situasional atau ters simulasi tertulis. Kandidat dapat memilih tindakan yang menurut mereka baik dari pilihan-pilihan yang ada.

Assessment center digunakan juga untuk mengambil keputusan dalam seleksi karyawan atau dalam ajang promosi kenaikan jabatan. Selain itu, biasanya assessment center digunakan untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan kemampuan dan ketrampilan karyawan.

Buku NLP Highly Effective Selling
Buku NLP Highly Effective Selling Klikmanagement
Share this :