Menu Tutup

4 Segmen Pelanggan Bisnis Yang Wajib Diketahui

4 Segmen Pelanggan Bisnis Yang Wajib Diketahui

4 Segmen Pelanggan Bisnis. Sebagai seorang pebisnis tentu Anda memiliki target konsumen untuk menjalankan usaha. Dengan adanya target tersebut akan lebih memudahkan Anda dalam menentukan langkah marketing sehingga tepat sasaran. Tanpa adanya target penjualan Anda bisnis yang dijalankan tidak akan bertahan lama di pasaran karena tidak adanya peminat.

Kenalilah segera segmen pelanggan yang tepat untuk karakteristik produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Segmen pelanggan adalah organisasi ataupun kelompok orang yang akan dijadikan target untuk penawaran bisnis yang sedang atau akan dijalankan. Dalam bidang marketing terdapat beberapa segmen pelanggan berdasarkan targetnya, yaitu:

Business to Business

Segmen ini menjadikan para pebisnis sebagai target dari usaha yang dijalankan. Biasany disebut juga dengan transaksi antar perusahaan (perusahaan ke perusahaan). Hal yang paling mencolok pada pelaku segmen B2B adalah penyedia bahan mentah atau bahan setengah. Nantinya diolah menjadi barang jadi oleh target konsumen (perusahaan target).

Target marketing pada segmen ini lebih kepada kualitas produk, pelayanan, dan kepercayaan. Dengan menjadikan segmen B2B menjadi target Anda maka keuntungan yang didapatkanpun lebih tinggi dibandingkan dengan segmen ini. Sebab seperti diketahui bahwa suatu perusahaan konsumen biasanya memiliki daya beli lebih tinggi.

Business to Customer

Segmen yang satu ini memberikan pelayanan kepada konsumen akhir. Ciri dari Business to Customer, yaitu transaksi sederhana dan pelayanan diberikan berdasarkan adanya permintaan. Target marketing dari B2C adalah kepuasaan pelanggan pada produk dengan persaingan harga di pasaran. Keuntungan yang bisa didapatkan belum bisa diperkirakan, hal tersebut bergantung pada bagaimana kepuasaan pasar terhadap produk Anda.

Niche Market

Segmen pasar ini memiliki target yang sangat spesifik dan produk yang dihasilkan hanya untuk mereka. Contoh produsen HP, mereka meluncurkan printer untuk para pebisnis rumahan atau UKM. Produk mereka pun sesuai dengan kebutuhan target, yaitu murah, hemat listrik, dan kapasitas printerpun tidak banyak. Dengan menggunakan segmen ini target usaha Anda menjadi lebih jelas.

Mass Market

Segmen mass market menjadikan masyarakat luas sebagai target pasar untuk produknya. Tetapi biasanya produk berciri umum dan tetap menyesuaikan kebutuhan dari si target misal anak muda atau anak sekolah. Dengan mass market banyak yang beranggapan keuntungan yang didapat tidak sedikit. Namun untuk mendapatkan segmen ini butuh usaha keras dalam menarik perhatian masyarakat.

Biasanya perusahaan besar saling berebut untuk mendapatkan segmen ini. Mereka terus bersaing secara ketat dari kualitas produk maupun marketing. Contoh real yang ada di lapangan adalah Honda dan Yamaha. Kedua perusahaan ini merupakan perusahaan produksi motor terbesar di Indonesia.

Itulah segmen pelanggan yang wajib diketahui sebagai pengusaha. Semoga bermanfaat dan memudahkan dalam menentukan segmen pelanggan usaha Anda.

Share this :